KLIPINGKU . . . . . . . . . . dibuang sayang ….

Cara Tepat Mengatasi Mual pada Ibu Hamil Desember 9, 2007

Filed under: ibu hamil,Kesehatan — vinosa @ 8:41 am

Suatu kendala yang kerap dihadapi oleh para ibu hamil adalah rasa mual yang kadang sulit diatasi. Setiap ibu pun mengawali “jadwal mual” yang berbeda-beda, ada yang hanya dipagi hari, hanya di malam hari, atau bahkan mual sepanjang hari.

Pada beberapa kasus, rasa mual yang biasa terjadi di trimester pertama ini juga mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga mengganggu ketidaknyamanan. meski rasa mual ini sudah menjadi bagian dalam proses kehamilan, bukan berarti hal tersebut tidak dapat disiasati. Oleh karena itu, tak ada salahnya menyimak beberapa tips berikut ini.

  1. Rasa mual pada bunda hamil, biasanya terjadi di pagi hari ketika kadar gula rendah. Oleh karena itu, makanlah roti atau biskuit sebelum mengangkat kepala dari bantal untuk menaikkan kadar gula dalam darah.
  2. Saat sedang sikat gigi, jangan menggunakan pasta gigi terlalu banyak. Bila perlu, menggunakan pasta gigi yang rasa mint untuk mengurangi rasa mual. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat, jangan menggunakan air dingin.
  3. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti kentang atau kue-kue yang terbuat dari terigu, dalam jumlah sedikit namun sering.
  4. Kurangi makanan berlemak dan susu murni, keju keras, dan telur dalam diet.
  5. Kunyahlah biskuit kering diantara waktu makan agar lambung tidak kosong. Sesekali cobalah hisap permen jahe untuk mengurangi rasa mual.
  6. Makanlan hanya makanan yang dapat masuk tanpa harus keluar lagi (muntah). Kemudian tambahkan menu lainnya secara perlahan.
  7. Hindari ruang yang sesak, panas, dan bau-bauan yang menyengat.
  8. Saat menjelang tidur, makanlah makanan kecil yang ringan.
  9. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat anti mual yang aman dikonsumsi.

Dengan demikian, rasa mual yang dialami bisa sedikit berkurang dan calon ibupun dapat menjalani proses kehamilan dengan lebih nyaman.

Sumber : Kompas, 11-3-2007

Vinosa

About these ads
 

40 Responses to “Cara Tepat Mengatasi Mual pada Ibu Hamil”

  1. yenz Says:

    Makasih infonya ya…aku sedang hamil anak kedua, padahal pada anak pertama tidak mengalaminya….

  2. vena Says:

    aduh aku tuh skrg lagi ngalamin banget, skrg nich spnjang hari tuh mual2, aku coba deh tipsny, thx y ….

  3. Dewie Says:

    aduch….kehamilan pertama tu memang berat…aku terus mual2 n pengen muntah, tar tak coba e resepnya…

  4. Mayang Says:

    Aduh, kenapa ya tiap kali hamil pasti mual-2 trs. smpi stress menghadapinya. Skrg lg hamil anak ke-3. Sepanjang hari mual trs. Perut kembung. Ada tips ga bgmn mengurangi rasa mual ini?

  5. debby Says:

    sekarang saya sedang hamil 10 minggu.., mudah2xan ga lama lagi mualnya hilang yach… ^_^

    soalnya stress n lemes banget nih.., badan udah kurus kayak tengkorak karena apa yang dimakan muntah terus…, tapi kalau udah 3 bulan masih mual terus gimana yach?…, waduh… ga tauk dech….

  6. ayu Says:

    duuuh, itu sich dah dijalanin semua, tp tetep aja saya mabok smp 6bulan……:((

  7. Chaterine Says:

    duuuhhh…. iya nih aq lg hamil anak petama and uda mulai mual-mual. klo lagi di kantor rasanya ga enak banget coz aku ahrus nahan-nahan mual di depan bos soalnya dia blm tau aku lg hamil…abis waktu dulu diterima kerja syaratnya klo bisa ga hamil dulu beberapa bulan. eh ga taunya malah langsung isi hehehe….

  8. nana Says:

    kmaren2 sy mual2 tp bisa ditahan unt tdk muntah. tp skarang khmilan sy menginjak 7 mgu, n ga hnya mual aza, tp ga tahan unt tidak muntah. apalagi di tambah hipersaliva. lengkap bgt kn? thanks buat tipsnya…

    kita sama2 berjuang yuk buat buah hati kita.

  9. Mei Says:

    Saya sedang hamil 6mg anak pertama, dari awal kehamilan udah mual2 dan muntah2 ga tau waktu pagi, siang, sore&malam pun bisa mual/muntah. Tapi muntah saya sangat jarang keluar makanan apa pun yg saya makan tetapi hanya sari nya saja/air aja,jadi makanannya tetap aman. Saya sudah ke Dokter juga dikasih vitamin untuk mengurangi mual&muntahnya, tapi justru setelah minum vitamin itu mual/muntah saya semakin parah, juga ga bisa tahan untuk ga muntah, harus gimana lagi ya supaya ga terlalu parah mual/muntahnya? makasih

  10. recosmic Says:

    thanks infonya nih….bisa buat masukan istriku

  11. Anni Says:

    alhamdulilah akhirx datang jg,usia khamilanq 4mgg tp blm kontrol,mual muntahq hebat bgt,apalagi dpagi hr rasax mls bgt kkamar mandi coz pst muntah,thanks tipsx tar q cobaa

  12. 4nt Says:

    Thank you so much…

  13. ade Says:

    iya nih,aku udah 3bln mual muntah,infus udh 3x tp blm ada perubaha,saya coba deh tipsnya ,mksih ea

  14. Nila Says:

    Makasih banyak infonya, aku lagi hamil 7 minggu. Mualnya parah banget gak bisa maem. Pdhl udah dapet obat mual dari dokter (Mediamer). Tp tetep aja mualnya gak ilang.

    Pengen minum jahe, tapi takut. Ada dokter yang bilang gak boleh. Emang boleh ya minum atau makan permen jahe?

  15. ziah Says:

    iya ne,aq ge hamil ank prtama dh 8 mggu,,rsa mualnya ampun dech……..hampir stiap hri muntah,,and stiap habiez muntah prut aq rsanya sakit..emank rsa skitnya sbentar sech….tpi itu g’ mslah kan bwt khamilan aq………

  16. geschia Says:

    aku lagi hamil anak pertama baru 4 mgg. mual muntah terus sepanjang hari kecuali lagi tidur. hiks,, T_T thanks tipsnya,,

  17. prita yusita Says:

    TERNYATA, semua sama…aq jg ngalami, pdhal minggu2 awal doyan bgt maem, skrg ga bs kemasukan apapun, tmsk tidur brg suami, ke kmr mandi, ke dapur, ke kamar….mual n pasti muntah jg..hiks,hiks

  18. rainsa Says:

    aku lagi hamil 10 mggu anak pertama, ternyata kita semua sama….but always happy ok..ga bs liat nasi n lauk pauknya, jd kuganti maem roti n kentang rebus,minum sari kurma n madu.mudahan cukup menggantikan nasi yang selama ini jd makanan favoritku…thanks tip nya….

  19. ahmad Says:

    aku mau tanya ko pada hamil y? emang di apain ci ko bisa pada hamil gitu? jelasin dong

  20. zul Says:

    hi, aku hamil 9 minggu,anak pertama,mual dan muntah,ga bisa mkn apapun.makash tips nya.

  21. dian Says:

    saat ini saya hamil anak ke 3 usia kehamilan kurang lebih 2 bulan, merasa mual di pagi dan sore hari saya mengatasinya dengan minum obat anti mual vosea…tapi rasanya selang beberapa jam mual kambuh lg….sy minum obat itu sampai 2x…kalo ada yang tau apa evek samping dari penggunaan obat anti mual ini pada bayi tolong beri jawaban

  22. yolla Says:

    ahaaaaiiiiiiiiiiii tyt aq ga ndirian ternyata smua sama aja…..semangat semuanya para ibu hamil……………..

  23. novie Says:

    skrng usia kndungan q jln 4bln,tp q mengalami mual yg sngt dahsyat.q ud prnh cb makan makanan yg anda anjurkan tp gk ad pngaruhny,q smp d rwt 2x d rmh skt.smp2 q dbr suntikan anti mual tp it gk pngrh jg,ap ad saran lain???

  24. Nashra Says:

    Sam..lagi telr juga nmih…awalny dah senang dan pede kayaknya bga bakal mual, ehh tahu nya berjalan 4 minggu..makin parah deh mualnya, yg pntng tetap semngat ya..makan terus…doakan anakku sehat..

  25. ana Says:

    ne lg hml anak ke 2. pertamanya pde aje kyknya g bkalan mntah2..eh taunya kejadian jg, g parah seh. aku d ksh vosea sma DOSGku. yg juga jitu ngusir mual, pgi sblm k kmr mandi mkn coklat dulu&minum jahe anget. Coba aj, mg berhasil. mari kita menikmati kehamilan….

  26. aku sering sekali muntah..aku ingi coba info dari sini

  27. lyna Says:

    alhamdulila . .nikmat sekali apa yg dialami ibu hamil ..

  28. peyqueen Says:

    Aq bukan mual aZa,k bngun aZ jm 1 atw 2 mlm g bisa bo2 lg krna mual gimna cra biar nyenyak tidur

  29. ajunk iin Says:

    aq jg hamil baru 5 minggu,,mualnya sering menyerang tiap menit,tiap detik,,muntah trz,,makann g ada yg msuk,,susu pun begitu,,gmn y cra mengatsinya,,smua cra sudah q coba,,tp ttp ja mual2,,aq takut nti baby nya kekurangn gizi

  30. mey Says:

    sama neh,dah menginjak 4minggu, mulai rewel,spjang hr rewel. malah kerjaku d lapangan lg. hadeeh. . ,nikmati adjah ,

  31. mey Says:

    sama neh,dah menginjak 4minggu, mulai rewel,spjang hr mual. lg harus giat2nya kerja . hadeeh. . ,nikmati adjah ,

  32. nurhayati Says:

    saya juga mengalaminya

  33. nurhayati Says:

    kenapa ya rata-rata mengalami keluhan mual2 di masa kehamilan,waktu saya hamil anak yg pertama tidak mengalami yang namanya ngidam pa lagi mual2 pokonya enak bener babynya di bawa kerja pun tidak masalah enjoy aja memang calon anak baik hati sam bundanya

  34. ery Says:

    Makasiihh byk untk info ny,.krn untk skrg sya sngat membutuhkan,..mdh2n bermanfaat

  35. Onah Says:

    Terimakasih…………………………………………………………………………………….. tipsnya sangat bermanfaat

  36. mmieyu ajah Says:

    makasih bgt infonyaaa,,,,,saat ini saya lg hml 8mg,,,gi mual” nya….khan ku coba tipsnya…thanks y

  37. novi arliany Says:

    lebih tenang setelah mendengar ibu yg lain jg ternyata memang ada yg mengalami spt sy, dr kehamilan 6minggu smp skr sdh 12 minggu masih sering mual walau memang tdk muntah, mual nya tdk kenal waktu mungkin kl perut sdh kosong langsung mual, jd harus makan ekstra banyak, sdh makan obat mual tp rasanya tidak pengaruh, tips nya akan sy coba

  38. umma Says:

    makasih infonya…

  39. eka Says:

    qw hamil 8 minggu gmna ya caranya agar ga mual…..coz abiz makan baru naruh piring keluar semua makanan yg qw makan……

  40. javelin Says:

    Aku hamil 11 minggu… mual2 terus..
    sampe ukuran brp ya mualnya berhenti?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.