KLIPINGKU . . . . . . . . . . dibuang sayang ….

Air Cucian Beras untuk Pupuk Tanaman Januari 14, 2008

Filed under: Kotak Ide — vinosa @ 2:05 am

Air bekas cucian beras yang berwarna keruh itu jangan segera di buang. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyiram tanaman, dan sekaligus berfungsi sebagai pupuk yang menyuburkan. Selamat berkebun.

Kiriman : Ny. Darmawati Siregar, Yogyakarta. Pada Majalah Femina

Vinosa

About these ads
 

53 Responses to “Air Cucian Beras untuk Pupuk Tanaman”

  1. nur hafizah Berkata

    apakah yang terkandung di dalam air basuhan beras

  2. nisac Berkata

    saya sekarang juga sedang melakukan penelitian ini. alhamdulillah saya menemukan web ini. mungkin anda bisa bantu saya membuat karya tulis ilmiah.
    ada cukup 1 pertanyaan untuk anda, tolong jawab ya!
    ~latar belakang air cucian beras itu apa&dari mana?!

    terima kasih dan mohon perhatiannya.

  3. herly Berkata

    saya mau bikin karya tulis yang berjudul “pengaruh air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman”
    yang saya mau tanya:
    1. kandungan apa dalam air beras itu yang bisa bikin tanemannya subur? kalo bisa disertain pengaplikasiannya
    2. menurut anda, sebaiknya judul saya: “pengaruh air beras thdp kesuburan tanaman” atau “pengaruh air beras terhadap pertumbuhan tanaman”?
    3. air beras itu bisa buat senua taneman yah?
    4.sebaiknya tanaman apa yang saya jadikan objek penelitian?
    5.adakah buku referensi tentang air cucian beras itu? susah banget nyarinyaT.T
    mohon dijawab.terima kasih banyak^^.urgent banget nih.

  4. agus Berkata

    hi….
    kalau boleh tau saudara jurusan apa dan kuliah dimana…?
    kalau menurut aku karena air beras mengandung N,P,K yang tinggi nilainya yang terkandung dalam beras.
    saran saya tolong diperiksa pada laboratorium yang ada alat pengukur N,P,Knya.

  5. ocey.. Berkata

    oke sih…cuma ja, lebih diperlengkap lagi dong informasinya…
    oceh…???

  6. cannia Berkata

    saya ud buat percobaan kecambah yg disiram dgn air bras.t’nyata hsilnya lbih baik drpd dgn air tanah.da yg bs jlasin ga knapa bs bgt??thx a lot.

  7. viyas Berkata

    saya kan baru melakukan penelitian tentang pengaruh air cician beras terhadap pertumbuhan tanaman. Kanduungan apa saja yang ada dalam air cucian beras tersebut? Apakah mempengaruhi pertumbuhan tanaman? Cepat dibalas. Terima kasih.

  8. viyas Berkata

    Saya mau tanya apa kandungan yang terdapat pada air cucian beras? Apakah berpengarus pada pertumbuhan tanaman? Tolong jelaskan secara rinci. Balas cepat. Thanks.

  9. Yuli Hari Yadi Berkata

    saya perlu artikel atau apa saja yang berhubungan dengan kandungan air beras dan pengaruhnya pada pertumbuhan tanaman khususnya tanaman jagung dan kacang tanah.
    tolong cepat di balas karna saya butuhkan sebagai bahan dalam penulisan karya ilmiah saya
    atau kalo ada tolong kirimkan contoh Karya Ilmiah yang judulnya tentang hal tersebut diatas.
    terima kasih

  10. made Berkata

    saya perlu artikel atau apa saja yang berhubungan dengan kandungan air beras dan pengaruhnya pada pertumbuhan tanaman khususnya kacang hijau.
    tolong cepat di balas karna saya butuhkan sebagai bahan dalam penulisan karya ilmiah saya
    atau kalo ada tolong kirimkan contoh Karya Ilmiah yang judulnya tentang hal tersebut diatas.

    adakah buku referensi tentang air cucian beras itu? susah banget nyarinya.

    apakah yang terkandung di dalam air basuhan beras?

    terima kasih

  11. thaari :) Berkata

    kandungan air beras apa ? trus manfaatnya pa ?
    yg jelaas dongg !!!

  12. Nonick Berkata

    Sy mo penelitian skripsi tentang bakteri amilolitik yang ada di air cucian beras…
    tolong donk informasinya tentang bakteri apa aj yang ada di air cucian beras itu????? please…..Tq be4 after…. ^^
    tolong ya jawabannya…..

    klo ga keberatan sms ke no aq 08123135180…. Please….. Tq

  13. Anshori Berkata

    Saya juga bwt tgs sekolah, saya nyari hipotesis pertumbuhan.
    saya ada ide mw percobaan dengan air kelapa bisa bantu referensi ga atw info..
    mail ke ans_001WP@hotmail.com.. trims

  14. sheila Berkata

    aquw juga lagi bingung bgt niy cari refrensinya…
    palagi tugas quw tentang apa kandungan yg ada dlm air hasil cucian beras itu bakalan dikumpulin Mei ntar di jakarta…bantuin donk smuanya…..plizzzzz “mengandung apa sih air hasil cucian beras itu
    buat yg tau kirim aja ke email quw
    gallant_angelcloning@yahoo.com
    plizz bantu aku donk

  15. diniy Berkata

    wah kbtulan bget,,,
    aq jga m neliti tTg tu…
    wah…kasih infonya yg banyak donk….tenteng kandungannya,,,
    dampak positif n ngatifnya mgkin??

  16. pre Berkata

    apa sich pengaruh air beras thd tnm? dan apa kelebihan kandungan beras itu?

  17. oce Berkata

    maaf, ada yang tau kandungan air beras, air tawar, dan air garam gak??
    atau info yang berhubungan dgn air beras, air tawar, dan air garam??

    saya ada buat laporan tentang air beras nih..
    kalo bisa secepatnya..
    kalo bisa tolong kirim ke email aq aja
    ocydy@yahoo.com

    thanx..

  18. iefa Berkata

    kandungan apa yang tedapat air leri???
    dan vitamin pa ja yg trkndung d dalmnya??

  19. Lunecee-pyon Berkata

    Sy sdg melakukan penelitian ilmaih yg berhub dgn air beras, maka itu saya mau tnya:
    kandungan apa dalam air beras itu yang bisa bikin tanemannya subur?
    Apa contoh tanaman yang bisa disiram dengan air beras? (saya perlu buat praktek, usahakan yg murah dan mudah)
    Apa pengaruh air tajin itu bagi pertumbuhan tanaman?
    mohon beri jawabannya ke luneceelemia888@ymail.com
    trims

  20. danz Berkata

    apa aja pengaruh air bekas cucian beras terhadap tanaman,,,terutama tnmn beras
    truz,,,,kandungan air berasnya juga apa aja terhadap pertumbuhan tanaman
    toloooong banget ya,,,, kirim jwbx di email ku,,,soalx ni penting bgt bwt tgs klo bisa secepatnya

  21. setya dwi ratna Berkata

    knapa Ya..air cCiAN BERAz KOk Bz diBuat gtU???tOlong Diperjelszz yA..

  22. yochi Berkata

    kata guru saya sih ada di beras itu ada vitamin B nya.
    jadi waktu kita mencuci air beras, vitamin B larut di airnya itu. akibatnya kalau kita kasih ke tanaman, tumbuhnya bisa lebih subur atau cepat.
    tapi itu kata guru saya loo… saya sendiri juga masih mencari referensi yang pasti

    buat lunecee-pyon
    kamu bisa tanam kacang hijau, tanamannya murah, tumbuhnya juga cepat, dan tempat yang dibutuhkan tidak luas.
    nama latinnya Phaseolus radiatus

    maaf sblmnya kalau tidak lengkap.
    smoga bisa cukup membantu

  23. ahmad solehudin Berkata

    kita pernah sadara ga? kalo ternyata sampai saat ini residu kimia yang terkandung dalam beras (non Organik) tergolong tinggi, itu karena penggunaan penyemprotan racun terhadap padi di sawah dan pengawetan beras dalam gudang. jadi, Apakah air cucian beras tidak memiliki kandungan racun? balas yah,, biar aku lebih tau jelas tentang bahaya untuk kesehatan tubuh kita. trmks.

  24. avriel fairiesh Berkata

    piiz jawabin pertanyaan kandungan dari air cucian beras y?
    thanxs

  25. dewi Berkata

    tolong kasi tau tentang kandungan air cucian beras,,karena saya lagi nyusun skripsi…makasih

  26. Rochman Ms Berkata

    mo nanya neph..
    zat apa saja sih yang terkandung dalam air beras..?

    Thaks before………

  27. monita lestari sidauruk Berkata

    da sejauh mana si penelitian ttg “Air cucian beras sebagai alternatif pupuk organik?”

  28. arie solihin Berkata

    mbak tlong ksih tahu aku dong kandungan apa saja yang terdapt dalam cucian air beras cz aku juga mau teori tentang cucian air beras cause ini merupakan pedoman aku untuk membuat karya tulis ilmiah please ya mbak?

    kalau tidak keberatan sms aja ke no. aku ya mbak 081271689338
    OKAY

  29. MAWAR Berkata

    SAYA MAU MENELITI TENTANG KANDUNGAN AIR CUCIAN BERAS TOLONG! DONK/// INFORMASINYA??”””!!!!!

  30. ima Berkata

    Tolong dong jelasin kenapa air cucian beras bisa berpengaruh terhadap tanaman? apa kandungannya? saya sedang buat penelitian….

  31. nea kurniawati Berkata

    saudaraku yang baik hati. tolong saya dong!!! zat apa saja yang terdapat di dalam air cucian beras sehingga bisa menyuburkan tanaman???

  32. epha Berkata

    Sampe skg koq blm ada penelitian ato artikel yg ngupas abiz ttg kandungan air leri y???
    Fuuuiiiihhhh…..
    Lg butuh bgt nee…

  33. yayagani Berkata

    aku punya tanaman anggur dan ramputan serta mangga apa cocok dengan air beras buat pupuk

  34. Miftah Faridz Berkata

    Saya sedang mnyusun SKRIPSI mengenai penaruh air cucian beras terhadap tanaman, oleh krn itu Saya mnta tolong penjelasan yg lebih terperinci mengenai air cucian beras & siapa orang yg pertama kali mnggunakan air cucian beras ini sebagai pupuk / penyubur tanaman.
    Terima Kasih Sebelumnya

  35. hamem Berkata

    wah kebetulan saya juga lagi da penelitian tuh bwat syarat kelulusan skolah….
    tlg infonya tentang aer ccuan beras…
    secepatnya….

  36. nur khodijah Berkata

    saya juga sedang nyusun skripsi tntg manfaat air cucian beras n air kelapa paa pembibitan anggrek…tp kurang untuk referensinya…dah ada beberapa..bag yang berninat email ajah ke nkhodijah38@yahoo.com…kita tukar2 info ja…

  37. Lidya Berkata

    Bapak/Ibu saya minta tolong informasi mengenai
    1. manfaat air cucian beras untuk tanaman
    2. Kandungan yang terdapat didalamnya
    3. Siapa yang pertama melakukan air cucian beras bagi tanaman
    4. Untuk tanaman apa saja selama ini pernah di gunakan.
    Saya berencana melawkukan penelitian tentang cabe keriting dengan pupuk organik dan air cucian beras. Mohon informasinya. Saya Tunggu. Terimakasih sebelumnya kepada Bapak/Ibu yang akan menjawab pertanyaan saya ini.

  38. ajeng Berkata

    jika ada yang tahu mengenai kandungan air cucian beras yang baik untuk tanaman secara lengkap dan jelas tolong kasih tu ya. please bgt untuk tugas KIR saya. kirim ke email saya saja . (ajhenk_phutrie@ymail.com)Trims

  39. rara Berkata

    jika ada yg tau jurnal tentang air cucian beras tolong kasih tau
    makasih

  40. rara Berkata

    jika ada yg tau jurnal tentang air cucian beras tolong kasih tau
    k email ratihanasetiani@yahoo.ac.id
    makasii

  41. Anca Made Berkata

    Katanya memiliki unsur P dan vitamin B1

  42. Vi Berkata

    kok pas gw coba di percobaan kecambah malah tanaman yang disiram air biasa lebih cepet tumbuh dari air beras ye.

  43. Yohanes Pembaptis Wahyu Berkata

    kandungannya pa aja???

    Unsur yang berpengaruh apa???
    pEngaruhnya pa???

  44. Mahala' Berkata

    Aku lg buat tgas karya ilmiyah yg berjudul ”pengaruh pemberian air pencucian beras terhadap tanaman seledri”, blh ngga law penjelasan tntng air pencucian beras d’perluas lg,…..

  45. ima Berkata

    tolong jelasin berapa ukuran tinggi maksimum pada tanaman jagung, jika disiram dengan air kelapa? dan apa dampak nya? dimohon untuk dibalas:)

  46. indri Berkata

    kok semua pertanyaan disini belum di jawab sih???

  47. Lina Berkata

    Bisa kirimkan hasil penelitian anda ke email saya??
    Thx..
    rgds, Lina

  48. wisnu Berkata

    saya mau bikin karya tulis yang berjudul “pengaruh air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman”
    yang saya mau tanya:
    1. kandungan apa dalam air beras itu yang bisa bikin tanemannya subur? kalo bisa disertain pengaplikasiannya
    2. menurut anda, sebaiknya judul saya: “pengaruh air beras thdp kesuburan tanaman” atau “pengaruh air beras terhadap pertumbuhan tanaman”?
    3.sebaiknya tanaman apa yang saya jadikan objek penelitian?
    4.adakah buku referensi tentang air cucian beras itu? susah banget nyarinyaT.T
    mohon dijawab.terima kasih banyak^^.urgent banget nih.

    tolong kirim ke email saya gan
    whiznoe.88@gmail.com

  49. Aang Berkata

    kalau saya, cucian beras pertama di simpan di mangkok ada endapan lalu di maskerkan ke wajah, setelah kering cuci dengan air hangat, hasil nya lama2 kulit wajah jadi halus dan putih karena tiap hari di pupuk air endapan cucian beras

  50. una Berkata

    Air cucian beras pertama memiliki warna yang keruh. Warna keruh bekas cucian tersebut menunjukkan bahwa lapisan terluar dari beras ikut terkikis. Sekitar 80% vitamin B1, 70% vitamin B3 , 90% vitamin B6, 50% mangan (Mn), 50% fosfor (P), 60% zatbesi (Fe), 50% serat, dan asam lemak esensial larut didalam air cucian beras. Warna putih dalam air cucian beras menandakan kandungan karbohidrat dalam beras yang terbuang.
    Selain itu, air cucian beras memiliki kandungan nutrisi yang melimpah di antaranya karbohidrat berupa pati sebesar 85-90 persen, protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula, dan vitamin yang tinggi. Selain itu, Formulasi air cucian beras merupakan media alternatif pembawa P. fluorescens yang berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan pemicu pertumbuhan tanaman. Bakteri Pseudomonas fluorescens adalah Bakteri P. fluorescens yang mampu mengklon dan beradaptasi dengan baik pada akar tanaman serta mampu untuk mensintesis metabolit yang mampu menghambat pertumbuhan dan aktivitas patogen atau memicu ketahanan sistemik dari tanaman terhadap penyakit tanaman (indonesiaandroid.com, 2012).

  51. elsa Berkata

    ini mana jawaban nya pertanyaan smw , ak mw nanya ada ga artikel tentang pengaruh air beras terhadap pertumbuhan kacang merah, dan perbedaan nya antara memakai air beras dan air biasa

  52. apakah ada alternatif lain selain air cucian beras?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.